Kamis, 21 Januari 2010

Semoga Tidak!

Ada dua bencana di timur tengah saat ini; bencana pertama, organisasi teroris yang kerap kali tidak segan-segan menghabisi nyawa manusia. Teroris adalah isu lama yang telah mencoreng wajah timur tengah dan islam. Dulu (Ikhwan Muslimin) dll, Namun sekarang mereka muncul dengan kekuatan dan sistem batu. Beberapa waktu lalu amerika menjustifikasi bahwa yaman adalah pusat Al-Qaeeda (salah satu organisasi teroris), hal ini lagi-lagi mencoreng nama timur tengah dan Islam.

Dulu, sistemnya adalah sentralisasi kepemimipinan, tapi sekarang, mereka mendapatkan mandat bahwa tanpa menunggu perintah pemimpin pusat mereka dapat bergerak dan melaksanakan aksi. Yang lebih canggih lagi adalah, mereka sekarang tidak tergantung kepada sosok sentral dalam kepemimpinan. Jadi meskipun pemimpin mereka ditangkap atau dibunuh, maka mereka akan tetap eksis, karena visi mereka bukanlah pemimpin tapi visi sudah menjadi ideology mereka yang tumbuh subur dalam otak.

Negara yaman adalah Negara baru bagi mereka (tumbuh dan subur), setelah irak, sudah, Afghanistan dan perbatasan Pakistan-Afghanistan. Menurut beberapa pengamat, Yaman adalah tempat strategis untuk mengontrol aktifitas organisasi mereka .

Kekhawatiran saya saat ini adalah, akankah teroris ini akan menjalar ke tempat-tempat lain di timur tengah, terutama abu dhabi, melihat banyaknya orang-orang yaman yang berdomisili di sini, atau akankah teroris itu menjadikan Abu dhabi sebagai musuh mereka, dilihat dari pertama, banyaknya perusahan-perusahan yang dirintis ataupun dibangun oleh orang Non muslim? Kedua, kehidupan UAE khususnya dubai yang cenderung berlawanan dengan prinsip mereka? Ketiga, dekatnya perbatasan antara iran dan UAE, sedangkan iran diisukan sebagai penyokong gerakan teroris itu, sebagai bentuk perlawanan iran terhadap amerika.Semoga tidak.

Bencana kedua adalah bencana alam banjir besar yang dimulai dari Saudi Arabia beberapa waktu lalu, sekarang banjir itu melanda mesir, akankah ini menjadi permulaan dari bencana-bencana alam lain di timur tengah? wallahu a'lam, semoga saja tidak.

Namun, jika kita melihat pada bencana alam yang selama ini terjadi, yang sifatnya pasti sama, contohnya, ketika di Amerika terjadi bencana, maka beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian Negara di sekitan Amerika akan terjadi bencana, akankah ini permulaan dari bencana alam di timur tengah. Meskipun hanya banjir, tapi ini akan berpengaruh pada suasana alam.

Keanehan-keanehan perubahan alampun sekarang muncul di Abu dhabi, misalkan, musim dingin sekarang tidak sedingin dulu, bahkan di waktu siang, akan terasa panas, dulu musim dingin adalah musim di mana orang harus memakai jaket baik siang atau malam, karena cuaca yang sangat dingin, tapi sekarang, saya bebas tanpa jaket, cukup baju lengan panjang, karena cuaca yang tidak dingin. Namun ketika musim panas datang, panas itu seolah-olah memanggang hidup2 tubuh ini dengan angka 50 derajat Celsius.

Tidak ada komentar: