Rabu, 23 Juni 2010

14) Syeikh Ahmad Bin Zayed Al Nahyan

*ini adalah tulisan lawas 27/03/2010

Rupanya pencarian itu masih belum menemukan hasil yang berarti. Menurut informasi pencarian terhambat karena tingginya air akibat lebatnya hujan. Itulah kabar terakhir dari Saudara termuda presiden United Arab Emirates, Sheikh Khalifah Bin Zayed.

Seperti banyak diberitakan , pada hari jumat 26/03/2010 beliau mengalami kecelakaan udara setelah pesawat yang ditumpanginya jatuh ke danau dekat ibu kota maroko rabat. Pilot pesawat berhasil ditemukan dengan selamat.


Pada hari kejadian, Abu Dhabi langsung mengirimkan Tim pencarian dan investigasi, bekerjasama dengan tim pencari dari maroko dan tim international. Saksi mata yang kebetulan adalah masyarakat setempat yang berprofesi sebagai pemancing diikut sertakan dalam pencarian.

Sheikh Ahmad Bin Zayed Al Nahyan dikenal sebagai Dewan Pengawas Zayed Fondation, Yayasan milik keluarga bin Zayed yang akti dalam bidang bantuan kemanusiaan. Beliau juga dikenal sebagai Managing Director ADIA (Abu Dhabi Investment Authority). Tahun lalu nama beliau termasuk orang ke 27 yang paling berpengaruh di dunia versi majalah forbes.


Selama ini, keluarga kerajaan atau keluarga Zayed (Penguasa UAE) belum mengeluarkan pernyataan apapun. Koran lokalpun begitu, nampaknya sangat hati-hati sekali memberitakan masalah yang tentu sangat sensitive sekali bagi keluarga Zayed ini.
Di Koran Al-Ittihad Misalnya, Koran ini hanya memberitakan bahwa korban masih belum ditemukan, dan berlangsung pencarian. Di bawah berita itu, tertulis doa-doa dari pembaca, mendokan agar beliau cepat ditemukan dalam keadaan selamat.


Begitu juga di Koran-koran lainnya, baik yang berbahasa arab dan inggris, semisal al-bayan (berbahasa arab) al-Watan, Gulf News (bahasa inggris ), The Nation, Khalij Time. Sepertinya mereka kompak tidak terlalu jauh mengusut hal-hal lain dari kecelakaan ini.
Ada pelajaran yang bisa diambil dengan kehati-hatian pemberitaan media-media di UAE ini. yaitu, Walaupun tentunya keluarga Zayed (penguasa) harap-harap cemas, namun tidak membuat masyarakatnya ikut cemas. Dengan begitu aktifitas di UAE tetap berlangsung, dan tim di lapangan di Maroko pun juga bisa berkonsentrasi dalam pencarian.

Sayapun turut berdoa untuk beliau, semoga ditemukan dalam keadaan selamat. amien...

2 komentar:

agr mengatakan...

wah ati2 nu bisa2 negara sana bisa krisis dan anda dipulangkan entar haha. but infonya gege

Anonim mengatakan...

udah ketemu g' mayatnya ? :D